15 April 2009

Binge Eating, apaan tuh?

di 20.16
Hampir semua orang mengalami gejala makan berlebihan dari waktu ke waktu. Tetapi jika makan berlebih adalah sebuah kebiasaan yang tidak terkontrol, kamu mungkin menderita binge eating disorder.

Orang-orang yang menderita binge eating disorder menggunakan makanan untuk menanggulangi stress dan emosi-emosi negatif lainnya, tapi "kewajiban" makan berlebih itu malah membuat mereka bertambah buruk. Tapi kabar baiknya adalah kelainan makan seperti ini dapat disembuhkan, dengan bantuan dan dukungan dari orang-orang yang profesional, kamu bisa belajar untuk stop makan berlebih.


Apa sih Binge Eating?

Pada binge-eating disorder gejala yang ditemui yaitu seseorang makan pada suatu periode tertentu, dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat daripada kebanyakan orang, hingga ia merasa benar-benar sangat kenyang (uncomfortably full). Biasanya makan dilakukan tidak pada saat lapar, seorang diri karena malu makan dalam jumlah besar. Biasanya orang tersebut mengalami depresi atau merasa bersalah setelah makan.


Apakah saya termasuk orang yang menderita Binge Eating? (Jawablah pertanyaan di bawah ini)

  • Do you feel out of control when you’re eating?
  • Do you think about food all the time?
  • Do you eat in secret?
  • Do you eat until you feel sick?
  • Do you eat to escape from worries or to comfort yourself?
  • Do you feel disgusted or ashamed after eating?
  • Do you feel powerless to stop eating, even though you want to?
Kalo jawaban kalian kebanyakan Yes artinya kalian butuh bantuan orang yang ahli..



Penyebab Binge Eating

Walter W. Hamburger mengungkapkan, Binge Eating disebabkan ketidakmampuan untuk mengatasi masalah-masalah hidup secara praktis. Ketidakmampuan tersebut biasanya dalam pengendalian emosi, pemrosesannya, serta mengatasinya. Hal ini dapat terjadi karena terhambatnya proses perkembangan mental seseorang sehingga ia lebih nyaman menggunakan mekanisme adaptasi yang biasa digunakannya pada fase perkembangan yang lebih dini, yaitu fase oral (fase di saat seseorang mengatasi problem hidupnya terutama dengan mulut, biasanya pada usia antara 0-18 bulan). Mekanisme defensif yang digunakan adalah introyeksi, yaitu memasukkan suatu objek ke dalam struktur psikis individu yaitu objek yang bersifat kongkrit berupa makanan saat mereka merasakan stres, sedih, terluka, atau marah. Mereka merasa nyaman dan rileks setelah melampiaskan melalui makanan.


How to Stop Eating? 7 Tips to Stop Binge Eating

Kalo mau tau caranya berhenti makan ada tips nya nih...

Penanganan Binge Eating harus dilakukan secara menyeluruh, dengan tujuan utama mengontrol berat badan. Terapi yang diberikan dalam bentuk psikoterapi, seperti cognitive-behavioral therapy cukup membantu untuk memonitor dan mengubah kebiasaan makan ketika mereka mengalami situasi sulit. Selain itu, psikoterapi interpersonal membantu orang berinteraksi sosial dengan teman, keluarga, dan memberi dukungan untuk mengatasi masalah tersebut. Pada titik ini, pengalaman spiritual bisa dimasukkan dengan memberikan pengalaman tokoh yang bisa diteladani. Nabi Muhammad SAW misalnya, dia hanya makan pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Sementara itu, terapi medikasi hanya diberikan untuk mengatasi depresi dan mengurangi episode binge.




sumber :
wikipedia
http://mashuriweblog.wordpress.com
www.howcast.com
www.helpguide.org

1 komentar on "Binge Eating, apaan tuh?"

Bay_Qoer on 18 April 2009 pukul 10.11 mengatakan...

gambarnya wow!!!!!!!

Posting Komentar

 

Sehat Itu Enak Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez


hit counter