23 Mei 2009

Analisa PSA Eating Disorder

di 05.51
Latar Belakang
Gangguan pola makan atau eating disorder sudah dikenal di semua kalangan, mulai dari kalangan selebritis hingga orang biasa. Kalau tidak diobati secara serius, gangguan pola makan bisa mengakibatkan korban jiwa. Remaja, terutama remaja putri, termasuk kelompok yang rentan terhadap gangguan ini. Mungkin karena remaja berusaha untuk “gaul” dan cenderung menjadi korban mode yang menuntut seseorang langsing cenderung kurus. Ada tiga bentuk gangguan makan yaitu: anoreksia nervosa (AN), bulimia nervosa (BN) dan gangguan makan yang tidak tergolongkan. Gangguan tersebut
dapat menyebabkan morbiditas biologik, psikologik dan sosial, serta kematian.

Insidens anoreksia nervosa (AN) dan bulimia nervosa (BN) meningkat pada 2 dekade terakhir. Diperkirakan 1 dari 100 wanita berumur 16 – 18 tahun mengalami AN, 25 % terjadi pada umur kurang dari 13 tahun 4. Wanita lebih sering mengalami gangguan makan, dengan perbandingan wanita dengan laki-laki 10 : 1. Awalnya gangguan makan tersebut hanya dilaporkan pada golongan sosial ekonomi menengah dan atas, tetapi pada
saat ini dilaporkan juga pada golongan sosial ekonomi rendah. Kelainan ini juga ditemukan pada berbagai kelompok etnik dan ras. BN lebih sering dijumpai dari pada AN. Dilaporkan 19 % dari pelajar wanita usia remaja lanjut di Belanda menunjukkan gejala bulimia. Prevalensi BN 1500 kasus dari 100.000 wanita muda.

Tujuan
Tulisan ini mencoba menganalisa iklan yang ditayangkan oleh Vodafone Malta Foundation bekerjasama dengan HSBC yang bertemakan Eating Disorder. Iklan ini bertujuan untuk menurunkan angka insidens anorexia nervosa (AN) dan bulimia nervosa (BN) di kalangan wanita berumur 16-18 tahun yang rentan terkena penyakit gangguan pola makan atau eating disorder. Analisa akan mencakup siapa target audiens yang tepat sesuai dengan isinya, serta analisa rencana penayangannya yang sesuai dengan target audiens tersebut. Adapun iklan yang dimaksud adalah sebagai berikut:



Pembahasan
Pemeran
Iklan ini diperankan oleh 5 orang yaitu 2 remaja perempuan (18-20an), 1 remaja laki-laki (18-20an), 1 laki-laki paruh baya (40 tahun-an) dan 1 perempuan setengah baya (usia 30 tahun-an).

Setting Lokasi
Adegan dalam iklan ini berlokasi di 3 tempat yaitu restoran, ruang keluarga dan kamar tidur. Berdasarkan lokasi tersebut dapat diperkirakan pesan ini ditujukan kepada remaja-remaja perkotaan yang memiliki gaya hidup menyimpang.

Gaya Penyampaian Pesan
Pesan disampaikan tidak melalui dialog, melainkan melalui sebuah gambaran pertanda atau ciri-ciri orang yang sedang mengalami gangguan pola makan (eating disorder). Beberapa pertanda yang diperlihatkan antara lain susah makan, wajah yang cenderung muram, memuntahkan makanan yang baru masuk, dan rambut yang rontok.

Analisa
Sasaran Audiens
Sasaran audiens iklan ini adalah remaja-remaja wanita perkotaan yang memiliki gaya hidup kebarat-baratan yang mengagung-agungkan body image. Hal ini terlihat pada 3 pemeran dalam iklan ini adalah remaja yang biasa berkumpul di restoran. Iklan ini dimaksudkan agar remaja-remaja tersebut tidak mengikuti gaya hidup menyimpang mengenai pola makan untuk mendapatkan body image seperti teman-temannya atau artis-artis yang mereka kagumi.

Sasaran Program Televisi
Dilihat dari analisa atas sasaran audiensnya, maka program tivi yang akan menjadi tempat tayangnya harus yang digemari oleh wanita remaja, dewasa muda, hingga dewasa akhir di perkotaan. Rata-rata siaran yang menjadi sasaran wanita remaja di perkotaan adalah siaran music dan sinetron. Untuk wanita dewasa akhir hampir sama dengan sebelumnya (red : sinetron) dan ditambahkan dengan tayangan berita. Selain itu, tayangan gosip juga menjadi sasaran penayangan iklan ini.

Rancangan Program dan Biaya Penayangan
Dari pembahasan dan analisa di atas, maka berikut ini akan dipaparkan secara lebih detil tentang rancangan stasiun televisi, program siaran, frekuensi dan biaya penayangannya.

download file excel budgeting

Penyusun :
Bayu Kurnia (0606099473)
Frisca Anindhita (0606099971)
Said M. Yusra (1004001621)
Dhona Ardhiany R.(0806384020)

0 komentar on "Analisa PSA Eating Disorder"

Posting Komentar

 

Sehat Itu Enak Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez


hit counter