20 Maret 2009

Food Combining, antara fakta2 negatif & positif nya

di 15.12
Assalamu'alaikum wr wb
heiii kali ini kita bener2 ngomongin makanan lohh..

sapa mauuu???
hehehehe..

food combining, ada yang belom pernah denger?
klo belom, kita kasih tau deh menurut sumber2 kita..

Menurut buku "Food Combining, Kombinasi Makanan Serasi Pola Makan Untuk Langsing & Sehat" karangan Andang Gunawan adalah
"Metode pengaturan asupan makanan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah tubuh, khususnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan"

Efek pola makan kayak gini bikin penumpukan sisa makanan & metabolisme jadi sedikit, sooo ntar pencernaan & penyerapan zat makanannya jadi lancar, trus pemakaian energinya jadi lebih efisien.

Mau tau dari mana sejarah food combining ini ada?
nah ini ada sekilas ceritanya..

Dokter William Howard Hay (1866-1940) adalah ahli bedah di Amerika Serikat. Sebenarnya penampilannya biasa-biasa saja. Namun berat badannya mencapai 113 kilogram. Walaupun ia tergolong tidak pendek, tak urung berat yang kelewatan ini membuatnya tampak gembrot dan tidak sehat.

Pada tahun 1911, Dr. Hay memperkenalkan konsep yang disebutnya cara makan yang fundamental. Gagasan ini sebenarnya bukan 100 persen baru. Pada abad ke-100 SM, di India sudah dikenal cara makan serupa yang dilakukan para pengikut Ayurveda, yaitu ajaran yang dianut pertapa dan pendeta India kuno. Ajaran ini mecakup cara hidup sederhana, termasuk cara makan yang dianggap sehat.

Dokter Hay menerapkan konsep tersebut pada dirinya. Ternyata dalam tempo sekitar dua tahun, berat badannya turun menjadi 87,5 kilogram. Tubuhnya juga merasa sehat dan fit. Ia kemudian menyebarluaskan konsep ini.

Doris Grant, seorang dietitian Inggris, bersama rekannya Jean Joice pada tahun 1984 memperkenalkan konsep yang mereka sebut Food Combining for Health. Konsep ini diilhami oleh gagasan Dr. Hay.


Sisi positifnya food combining :
Pola makan food combining terbukti efektif mengoptimalkan metabolisme seseorang, sehingga orang itu dapat memiliki tubuh yang lebih sehat, lebih langsing, dan awet muda. Mulailah dengan sikap positif. Pusatkan pikiran dan perilaku positif kamu pada saat ini dan tujuan apa yang ingin kamu capai melalui pola makan ini. Kamu harus benar-benar yakin bahwa kamu memang mampu melakukannya. Jika kamu ragu, godaanya akan terasa semakin besar.

Tugas kamu hanya menjaga pola makan dan gaya hidup yang selalu positif. Apabila kamu mencari cara melangsingkan tubuh yang aman bahkan menjadi sehata dan bugar selama mungkin, food combining solusinya.

Pola makan ini dimulai dengan mengurangi beban kerja pencernaan. Beberapa hal yang dapat mengurangi beban kerja pencernaan diantaranya. Jangan makan makanan yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Temperatur yang terlalu berbeda dengan temperatur normal tubuh akan menurunkan fungsi pencernaan. Selain itu lebih baik makan 3 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil, daripada 1 kali dalam porsi berlebihan. Pertimbangkan keterbatasan daya tampung lambung.


tapii..

ada tapinya nih..

walaupun banyak bukti yg positif, ahli medis & ahli gizi masih ada aja yang nentang food combining.

menurut Kompas, 24 Mei 2002 dibilang bahwa
"Food combining adalah suatu hobi berbahaya, yang hanya bisa diterapkan bila kita kelebihan gizi. Walaupun teorinya sepintas masuk akal, namun bertentangan dengan kaidah ilmu kedokteran dan gizi yang normal. Maka di dunia ilmiah ia digolongkan kelompok food quacks (takhayul makanan moderen)."


hmmm...
jadi bingung, food combining itu bagus apa nggak sih?
yahh intinya sih, sesuatu yang baru harus dikonsultasikan kepada ahlinya
atau minimal cari2 referensinya dulu deh..
postingan kali ini bukannya mo bikin pemirsa sekalian tambah bingung,
tapi cuma mau ngasih tau "ini loh baik buruknya"
keputusan sih tetep sama kamu2 sekalian...
ditunggu komen2nya yaahh...
ntar kita lanjut postingan tentang menu2 food combining yang seimbang..
ok ok !
tetep sehat, tetep semangat, supaya kita bisa tetep makan enak!
*minjem kata2 saktinya om Bondan winarno*

Wassalamu'alaikum wr wb.

3 komentar on "Food Combining, antara fakta2 negatif & positif nya"

Sehat itu Enak on 6 April 2009 pukul 22.54 mengatakan...

jelas yang lebih aman yaitu makan yang seimbang, tidak berlebih dan berhenti sebelum kenyang.

Unknown on 19 Agustus 2016 pukul 21.19 mengatakan...

Stupid food quacks, FC is HOAX!

Unknown on 19 Agustus 2016 pukul 21.20 mengatakan...

Stupid food quacks, FC is HOAX!

Posting Komentar

 

Sehat Itu Enak Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez


hit counter